Tantangan Kerja dari Rumah dan Cara Mengatasinya

Meskipun udah kerja dari rumah atau work from home (WFH) sepanjang satu bulan lebih, rasanya kok masih harus adaptasi tetap menerus ya, guys? Setiap hari senantiasa saja tersedia hal yang nggak berlangsung mulus yang membuat pekerjaan jadi terkesan lebih berat.

WFH sebetulnya lebih fleksibel membuat kamu sesuaikan jadwal kerja dan jam kerjamu, tapi tersedia juga tantangan yang harus kamu hadapi, guys. Berikut sebagian tantangan yang kerap terlihat sementara WFH dan saran Urbanasia untuk mengatasinya. Yuk, disimak!

1. Motivasi Diri

Saat kerja dari rumah, kamu harus lebih memotivasi diri biar senantiasa lakukan pekerjaan dengan teratur, guys. Setidaknya, mulailah dengan memotivasi diri untuk bangun dari tempat tidur dan memulai pekerjaanmu cocok jam kerja yang semestinya dengan konten writer.

Selain itu, kamu juga harus meminimalisir intervensi dari keadaan di rumah seperti permintaan saksikan TV, bagian keluarga lain yang berisik, atau binatang peliharaanmu yang inginkan dimanja.

Solusinya: Buatlah tempat kerja yang khusus agar kamu dapat lebih fokus di dalam bekerja. Kamu dapat memilih tidak benar satu ruangan yang paling membantu membuat kamu berkonsentrasi dengan pekerjaanmu. Jangan lupa, pastikan tempat kerja ini bersih, nyaman, dan tenang disini.

2. Pengaturan Waktu

Saat terlihat gangguan tiba-tiba, rangkaian pekerjaan yang udah kamu susun dapat menjadi berubah. Akibatnya, kamu pun harus menyusun lagi pengaturan sementara yang udah kamu alokasikan sebelumnya.

Jika kamu tidak segera “kembali ke laptopmu”, harimu dapat berakhir dengan pekerjaan menumpuk yang cuma dapat membuatmu jadi stress.

Solusinya: Ikuti jadwal yang udah kamu buat. Terapkan telaten pada diri sendiri dan kecuali kamu melanggar jadwal yang udah kamu buat, bermakna kamu dapat harus “kerja lembur”.

3. Komunikasi

Masalah yang kerap terlihat disaat bekerja jarak jauh adalah miskomunikasi. Tidak semua orang dapat menjelaskan dengan baik di e mail maupun pesan singkat, seperti halnya disaat bersua langsung.

Solusinya: Sampaikan segala sesuatu dengan paham dan tegas. Hindari kalimat-kalimat yang dapat diinterpretasikan berlainan atau perintah yang tidak cukup jelas. Lebih baik terlihat to the point tanpa basa basi ketimbang berlangsung tidak benar pemahaman agar terlihat masalah baru.

4. Kesepian

Kalau kamu punya kebiasaan bekerja di kantor dan bersua dengan teman-teman kantor, sementara ini kamu cuma bersua mereka melalui media. Sangat lumrah kecuali hal ini sebabkan kamu mulai kesepian.

Solusinya: Tetaplah rutin berkomunikasi dengan rekan kerja kamu untuk mengupas hal lain tak hanya pekerjaan. Lakukan kegiatan yang menyenangkan apabila video call sementara istirahat makan siang atau sebabkan challenge dengan rekan kerja.

5. Menjaga Kesehatan

Masalah Kesehatan dapat terlihat kecuali kamu tidak beradaptasi dengan perubahan normalitas ini loh, guys. Hayo ngaku siapa yang menjadi lebih banyak makan dan ngemil sepanjang WFH? Padahal, olahraga tidak rutin dilaksanakan dan kegiatan fisik pun menurun.

Solusinya: Lakukan perawatan diri dengan baik, guys. Selalu sempatkan untuk senantiasa aktif dan merawat tubuh kamu di dalam keadaan fit. Buatlah normalitas olahraga tiap tiap pagi atau sore, stretching sementara istirahat, dan menyimak asupan makanan bergizi yang kamu konsumsi. Jangan lupa, banyak minum air putih dan berjemur sementara pagi hari ya, guys!